Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten Indragiri Hilir berusaha menjawab tantangan dan pencapaian sasaran penciptaan lapanga kerja, penurunan penggangguran, khususnya dalam mempersiapkan sumber daya manusia dan iklim ketenagakerjaan yang berfungsi sebagai landasan di dalam upaya pengembangan potensi keunggulan kompratif dan kopetitif daerah dan peningkatan kesejahteraan pekerja dan masyarakat desa khususnya desa transmgirasi, maka dapat tercapai apabila pertumbuhan ekomoni yang tercipta dapat memberikan kesempatan kerja seluas-luasnya dan tingkat pendapatan pekerja lebih besar dan lebih merata dalam sektor-sektor pembangunan, serta pembinaan dan pelatihan kepada masyarakat desa transmigrasi.
Sumber pertumbuhan ekonomi melalui investasi, diharapkan dapat meyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar. Selain itu investasi, pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah diharapan juga dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat, yang didukung oleh sumber daya manusia, agar dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing lebih baik, selain itu juga bersaha memperluasan lahan transmigrasi, pengelolaan penempatan transmgirasi, penyuluhan transmgirasi lokal dan pembinaan untuk warga transmigrasi baik itu bidang peronomian, sosial budaya serta peningkatan sumber daya manusianya .
Dalam hal ini UPT Latihan dan Permagangan Tenaga Kerja bekerjasama dengan BLK Padang melakukan Penerimaan melalui https://pelatihan.kemnaker.go.id/. Disini bersama tim Trembesi kami Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Indragiri Hilir siap melakukan pendampingan bagi warga pencari kerja yang belum memahami cara pendaftaran online dan ingin ikut Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi.
PERSYARATAN PEMBUATAN
KARTU TANDA BUKTI PENDAFTARAN PENCARI KERJA (AK.I)
Pencari Kerja datang ke Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Indragiri Hilir dengan melengkapi peersyaratan sebagai berikut :
- Email Pencari Kerja
- Nomor Handhone Pencari Kerja
- Foto Copy e- KTP setempat 1(satu) lembar
- Pas Hoto terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2(dua) lembar
- Foto copy ijazah SD s/d Ijazah terakhir masing- masing 1(satu) lembar
- Foto copy transkrip nilai/ nilai ijazah terakhir 1(satu) lembar
- Foto copy Sertifikat Pelatihan/ Kompetensi Kerja1(satu) lembar
- Foto copy surat keterangan Pengalaman Kerja 1(satu) lembar
- Fotocopy Kartu Keluarga (KK) 1(satu) lembar
- Bagi Pencaker yang memiliki KTP diluar Kabupaten Indragiri Hilir agar melampirkan surat Keterangan Domisili dari Lurah Setempat.
Catatan:
- Pendaftaran Online system melalui website : karirhub.kemnaker.go.id
- Semua berkas persyaratan agar dimasukkan ke dalam Map
- Penerbitan KArtu AK.I tidak dipungut biaya (gratis)
Adapun syarat pendaftaran bagi Peserta Pelatihan Kerja berbasis Kompetensi tersebut yaitu
- Pendidikan Minimal SD.
- Minimal Umur 17 Tahun.
- Foto Copy Ijazah Terakhir / Akte Kelahiran.
- Foto Copy KTP / Kartu Keluarga.Pas Foto Warna 3 x 4 = 3 Lembar. Laki Background Latar Merah. Perempuan Background Latar Biru.
Foto Tim Trembesi dalam melakukan pendampingan pendaftaran Pelatihan Kerja berbasis Kompetensi
Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Indragiri Hilir bekerja sama dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan juga melakukan penerimaan Tenaga Kerja yang ingin bekerja ke Luar Negeri, dalam hal ini kami dari Pihak Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi juga siap melakukan pendampingan untuk proses pendaftaran keLuar Negeri
Foto Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi bersama BPJS Ketenagakerjaan dalam sosialisasi kerjasama kerja Ke Luar Negeri